Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Sebagai Terapi Komplementer

Daun kemangi merupakan jenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan-makanan tertentu. Biasanya daun kemangi dijadikan lalapan bebrapa jenis makanan. Daun kemangi memiliki aroma daun yang wangi dan begitu khas sehinggan daun ini cocok untuk dimakan dengan berbagai jenis hidangan, terutama makanan yang pedas. Daun kemangi adalah jenis tanaman yang masih satu keluarga dengan daun mint. Menariknya, selain digunakan sebagai lalapan atau pelengkap makanan, daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kemangi juga diketahui sebagai makanan anti bakteri, anti inflamasi, serta bisa melawan berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh kita :

Memiliki kandungan anti bakteri

Salah satu manfaat minyak atsiri kemangi adalah untuk memberikan perlindungan terhadap pertumbuhan bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Kedokteran Lodz di Polandia menguji aktivitas antibakteri dari minyak kemangi terhadap strain E. coli dan bakteri kuat lainnya yang dikumpulkan dari pasien yang sakit dengan infeksi, hasilnya menunjukkan bahwa tanaman kemangi efektif dalam bertindak melawan strain bakteri dan membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

Mampu mengurangi Stres

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemangi memiliki potensi yang  cukup kuat untuk bertindak sebagai adaptogen alami. Maksudnya adalah kemangi dapat dijadikan obat herbal yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan untuk menormalkan efek berbahaya dari stresor pada proses dalam tubuh. Selain itu kemangi juga efektif dalam penurunan kadar gula dan tingkta stress pada uji coba yang dilakukan.

Sebagai Anti depresan dan Melawan kecemasan

Manfaat daun kemangi juga bisa digunakan untuk orang-orang yang memiliki gangguan mental atau penyakit yang berhubungan dengan suasana hati, diantaranya yaitu depresi dan kecemasan. Manfaat daun Kemangi juga dianggap sebagai antidepresan oleh beberapa orang karena dapat berdampak positif pada fungsi otak di dalam korteks adrenal, membantu merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk membuat kita bahagia, berpikir positif dan energik. Wah ternyata kemangi bisa jadi obat anti galau juga nih ya

Membantu meredakan Flu, Batuk dan Pilek

Manfaat daun kemangi yang lain adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Kemangi dinilai mampu pengenceran dahak sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan dari paru-paru kita. Cara mengonsumsi kemangi yaitu dengan mengambil 8-10 daun kemangi segar dan rebus dalam 300 hingga 500 ml air selama 5-6 menit. Tunggu sampai dingin dan minum airnya. Apabila tidak sempat merebus, cukup ambil daun kemangi dan cuci, kemudian daun kemangi bisa langsung dikunyah.

Sebagai Antiinflamasi

Kemangi termasuk jenis tanaman yang mengandung minyak esensial yang kuat, termasuk eugenol, citronellol dan linalool. Senyawa-senyawa tersebut adalah minyak penghambat enzim yang membantu menurunkan peradangan, yang merupakan akar dari sebagian besar penyakit seperti penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi radang usus.

Manfaat Anti Kanker

Manfaat daun kemangi yang tak kalah penting adalah mampu melawan kanker. Studi klinis yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa kemangi mengandung phytochemical, yang dapat membantu mencegah kanker secara alami, termasuk kanker kulit, hati, kanker mulut dan paru yang disebabkan oleh bahan kimia. Kemangi mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, secara positif yang mengubah ekspresi gen, menginduksi apoptosis sel kanker (kematian sel berbahaya) dan menghentikan penyebaran tumor kanker.

Meningkatkan kesehatan Kardiovaskuler

Bagi kesehatan kardiovaskuler, manfaat daun kemangi dapat membantu otot-otot yang mengontrol fungsi pembuluh darah untuk berkontraksi dan rileks dan meningkatkan tekanan darah yang sehat. Manfaat daun kemangi yang lain yaitu memiliki kemampuan membantu pencegahan agregasi trombosit berbahaya yang menyebabkan jantung berhenti. Ekstrak kemangi juga mampu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dengan menghambat pelepasan sitokin pro-inflamasi, protein yang dikeluarkan dari sel ke sel untuk berkomunikasi dan meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh.

Ketika tubuh mengalami peradangan dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat memberikan tekanan pada organ dan memperlambat sirkulasi darah, pengaturan hormon dan proses kognitif. Peradangan dapat membangun lemak, plak yang kaya kolesterol dalam pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Mencegah penuaan dini pada Kulit

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada 2011, kemangi memiliki khasiat yang dapat membantu melindungi kulit dari beberapa efek penuaan.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan menerapkan ekstrak kemangi pada model kulit laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memasukkan ekstrak kemangi dalam krim kulit topikal dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan.

Bersifat Antimikroba yang memerangi Virus dan Bakteri

Satu lagi manfaat daun kemangi yang tak bisa dilepaskan dari kandungan atsiri di dalamnya. Atsiri memiliki sifat antimikroba yang dapat memerangi virus dan infeksi di tubuh.

Minyak atsiri kemangi telah ditemukan untuk menunjukkan aktivitas anti-mikroba terhadap berbagai bakteri, ragi, jamur dan virus. Ini berarti dapat menambahkan perlindungan terhadap virus candida dan berbagai bentuk iritasi kulit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *